Rabu, 14 Desember 2016

PROPOSAL USAHA GANTUNGAN KUNCI CS14


 
BAB  I   PENDAHULUAN
1.    Judul Kegiatan:GANTUNGAN KUNCI CS14
2.    Status Usaha: Usaha yang akan kami jalankan adalah rintisan usaha pengembangan yang telah ada dan secara berkelompok.
3.    Rasional Kegiatan: Usaha pengembangan gantungan kunci cs14 yang kami kembangkan adalah jenis usaha industri kelompok berskala kecil. Alasan kami dalam memilih usaha industri gantungan kunci cs14 berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai beriktu;
(a)    Mengembangkan minat dan bakat yang kami punya 
(b)   Membuat ketertarikan masyarakat agar mempunyai minat agar bisa belajar,mengembangkan maupun membeli gantungan kunci yang unik dan kreatif
Tujuan Kegiatan :
Tujuan dari didirikankanya usaha gantungan kunci cs14 ini adalah:
a)      Memperoleh keuntungan
b)      Memberikan pengetahuan untuk memulai usaha dalam bidang kreatifitas
c)      Memberikan ide-ide kreatif dalam mengembangkan usaha
   
BAB  II  METODE PELAKSANAAN
Tahap 1 Melakukan Koordinasi dengan SuplierSaya : disini mencari supplier yang bisa menjualkan bahan bakunya dengan harga yang relatif murah dan persediannya pun bisa diandalkan sewaktu – waktu.
Tahap 2 Pembidikan Segmen Pasar: Dari hasil survey kami, dapat kami simpulkan bahwa masyarakat ingin memiliki asesoris gantungan kunci yang sudah membaur dipasaran dan sangat banyak mengandung manfaat, maka munculah ide dari kami untuk membuat asesoris gantungan kunci dengan harga yang relatif murah dengan menggunakan bahan baku yang sudah ada di toko –toko bahan baku kerajinan.

 Bahan Baku : 
1.      Gantungan
2.      Lempeng plastik
3.      Mika berbentuk lingkaran
4.      Kanvas
5.      Printer
6.      Komputer/Laptop
7.      Desain/Gambar
8.      Mesin press

Tahap 3 Produksi
Pelaksanaan dari tahap produksi ini sendiri dibagi menjadi 3 tahap yaitu:
1.      Penerimaan Pesanan
Pada tahap awal adalah penerimaan pesanan gantungan kunci ini merupakan salah satu bagian dari awal produksi, karena bisnis ini berproduksi berdasarkan pesanan.
2.       Proses Negoisasi Harga
Pada tahap ini, disini konsumen bisa negoisasi harga apabila pesanan yang di pesan dalam jumlah banyak.
3.      Pembuatan Gantungan Kunci\
Pada tahap ini, proses pembuatan dilakukan pada tempat usaha yang sudah ada dengan kami memberikan atau mengirimkan desain yang sudah kami buat sesuai pesanan kepada pihak toko.

1. Prospek pengembangan
Berkreasi tidak hanya dapat dilakukan dengan barang yang rumit dan sulit didapat. Tetapi hanya dengan bahan yang sederhana dapat dijadikan hasil kreasi yang memuaskan bahkan dapat mendatangkan keuntungan. Kreasi juga bisa datang dari sekedar hobi, hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan. Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu krativitas yang bisa dijadikan souvenir adalah gantungan kunci. Gantungan kunci tidak hanya mengandalkan kreatifitas tetapi juga harus diselaraskan oleh keterampilan desain. Untuk itu bagi anda yang sangat tertarik dengan desain yang sangat unik , Hiasan atau souvenir ini banyak diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Desain/gambar yang unik dan lucu sesuai pemintaan membuat orang menyukai souvenir tersebut. Kegunaan kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, koleksi, souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, dll. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan adalah kreatifitas dan inovatif. Dengan kreatifitas, akan tercipta bentuk-bentuk maupun gambar-gambar yang unik dan lucu. Harga untuk bahan bakunya pun relatif murah.
2. Keunggulan
Keunggulan dari Bisnis Plan yang akan saya jalankan ini diantaranya yaitu:
  1. Kualitas yang baik
  2. Harga yang lebih murah dan bisa ditawar
  3. Produk yang kami tawarkan lebih menarik
  4. Pelayanan yang baik dan memuaskan konsumen
  5. Kecepatan, baik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang
  6. Kualitas yang kami buat lebih unik, menarik dan indah, serta
  7. Bentuk dan motif sesuai selera konsumen juga dapat kami buatkan.
3.    Peluang Usaha
Melihat sebuah kreatifitas yang tidak pernah mati dan masih banyak peminat dari setiap hasil kerajinan membuat peluang usaha dari bisnis ini masih terbuka lebar. Namun, satu hal yang dibutuhkan dalam bisnis ini adalah kreatifitas dan inovasi-inovasi produk serta minat dari para pelanggan yang masih besar dengan bisnis semacam ini.
4.      Rancangan aktivitas untuk meningkatkan penjualan.
a. Level Sosial Konsumen (segmen pasar)
Adanya dunia mode yang semakin berkembang seiring dengan zamanya menuntut adanya perfomance yang ingin ditampilkan oleh masing – masing perfomance. Oleh sebab itu usaha flanel menawarkan bentuk bentuk yang cantik berupa bros kalung dan lain – lain yang mempercantik penampilan dari konsumen itu sendiri. Segmen pasar yang dituju oleh usaha ini adalah dari berbagai kelas karena mengingat harga dari bentuk flanel yang ditawarkan beraneka ragamnya.
b. Strategi Pemasaran
Kami memiliki beberapa strategi pemasaran yang terdiri dari empat   elemen (product, price, place dan promotion). Berikut penjelasan dari masing – masing elemen tersebut:

1)      Poduct
Produk yang kami buat merupakan produk yang sudah ada dalam masyarakat akan tetapi yang membedakan adalah aneka atau macam gantungan kunci yang di buat berdasarkan pesanan. Dan juda berdasarkan hari misalnya : kado buat valentine, natal dan tahun baru. Kami juga selalu membuat inovasi inovasi  lewat media sosial agar konsumen tidak bosan dengan barang yang tunjukkan.
2)      Price
Kami berusaha memberikan harga yang relative murah agar bisa  oleh masyarakat terutama menengah ke bawah, dan sesuai dengan kantong anak remaja serta sesuai permintaan konsumen barang yang di pesan. oleh karena itu kami mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar – benar murah.
3)      Place dan Promotion
Disini kami memilih tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang sehingga mudah diketahui dan dikenal oleh banyak orang. Karena kami masih pemula dan modal yang kami kumpulkan sangatlah kecil dan ini merupakan salah satu masalah yang kami hadapi yaitu dalam segi promosi yang membutuhkan banyak biaya. Maka dari itu di awal pembukaan, kami memberikan promosi dengan memberikan harga yang lebih murah dari harga yang kami tawarkan sebelumnya. Selain itu, kami juga melakukan promosi dengan cara menyajikan produk kami dalam acara temu akrab dengan teman keluarga atau perkumpulan-  perkumpulan yang kami ikuti dan kami juga akan enyebrakan lewat via onine. Dari sini mereka akan mengetahui produk kami sehingga akan terbangun kepercayaan kepada kami dan akan tersebar dari mulut kemulut. Ini terkadang lebih efektif dibandingkan dengan menyebarkan brosur dan juga akan menghemat biaya promosi.
4)      Saluran Distribusi
Kami memiliki beberapa saluran distribusi untuk mengembangkan produk yang kami ciptakan disini, diantaranya sebagai berikut:
  1. Dengan menjual langsung kepada konsumen
  2. Dengan menerima pesanan dalam jumlah yang banyak ataupun per unit
  3. Dalam tahap pertama, kami menawarkan produk kepada teman-teman disekitar kami sebagai permulaan dengan harga yang murah. Hal ini dilakukan guna memperkenalkan produk tersebut sehingga secara tidak langsung dapat dikenal oleh masyarakat.
BAB III TARGET LUARAN
1.      Target Produk
Produk yang dihasilkan adalah gantungan kunci. Kualitas produk yang akan dihasilkan adalah gantungan kunci dengan bahan kanvas. Sesuai dengan  kapasitas peralatan produksi produk yang dapat dihasilkan sesuai dengan berapa pun permintaan konsumen. Namun sesuai dengan jumlah konsumen  yang ditargetkan produksi yang akan dihasilkan adalah 10 buah gantungan kunci perminggu atau 30 buah perbulan.
2.      Target Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja, Mahasiswa dan masyarakat umum dengan jumlah target rata-rata 30 orang perbulan.
3.      Target Pendapatan
Jumlah pendapatan yang ingin saya peroleh setiap bulan adalah Rp. 500.000

BAB IV RENCANA BIAYA
1.      Rencana Biaya Usaha
Rencana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
1.      Biaya Investasi
No.
Uraian
Vol
Satuan
Harga/Satuan
JumlahRp.
1.
Ganci Biasa
10
Buah
Rp. 12.000
Rp. 120.000
2.
Ganci Vektor
10
Buah
Rp. 25.000
Rp. 250.000





Rp. 370.000

BAB V ORGANISASI PELAKSANAAN
            Personil:Personi lpelaksanaan usaha tersusun sebagai berikut:
No.
Nama
Pendidikan
Deskripsi Tugas
1.
JunitaHerlani
Mahasiswi
Manajer/Desain
2.
Enca Devi M.K
Mahasiswi
Produksi & Pemasaran
3.
Rima Astuti
Mahasiswi
Pemasaran






Tidak ada komentar:

Posting Komentar