BAB
I PENDAHULUAN
1. Judul
Kegiatan:GANTUNGAN
KUNCI CS14
2. Status
Usaha: Usaha yang akan kami jalankan adalah rintisan
usaha pengembangan yang telah ada dan secara berkelompok.
3. Rasional
Kegiatan: Usaha pengembangan gantungan kunci cs14 yang
kami kembangkan adalah jenis usaha industri kelompok berskala kecil. Alasan
kami dalam memilih usaha industri gantungan kunci cs14 berdasarkan atas
pertimbangan-pertimbangan sebagai beriktu;
(a)
Mengembangkan minat dan bakat yang
kami punya
(b)
Membuat ketertarikan masyarakat agar
mempunyai minat agar bisa belajar,mengembangkan maupun membeli gantungan kunci
yang unik dan kreatif
Tujuan
Kegiatan :
Tujuan dari didirikankanya usaha gantungan kunci cs14 ini adalah:
a) Memperoleh
keuntungan
b) Memberikan pengetahuan untuk memulai usaha dalam bidang kreatifitas
c) Memberikan
ide-ide kreatif dalam mengembangkan usaha
BAB
II METODE PELAKSANAAN
Tahap 1 Melakukan Koordinasi dengan SuplierSaya
: disini mencari supplier yang bisa menjualkan bahan bakunya dengan harga yang
relatif murah dan persediannya
pun bisa diandalkan sewaktu – waktu.
Tahap 2 Pembidikan Segmen Pasar: Dari
hasil survey kami, dapat kami
simpulkan bahwa masyarakat ingin memiliki asesoris gantungan kunci yang sudah
membaur dipasaran dan sangat banyak mengandung manfaat, maka munculah ide dari kami untuk membuat asesoris
gantungan kunci dengan harga yang relatif murah dengan menggunakan bahan baku
yang sudah ada di toko –toko bahan baku kerajinan.
Bahan
Baku :
1. Gantungan
2. Lempeng plastik
3. Mika berbentuk lingkaran
4. Kanvas
5. Printer
6. Komputer/Laptop
7. Desain/Gambar
8. Mesin press
Tahap 3 Produksi
Pelaksanaan dari tahap produksi
ini sendiri dibagi menjadi 3 tahap yaitu:
1. Penerimaan Pesanan
Pada tahap awal adalah penerimaan pesanan
gantungan kunci ini merupakan salah satu bagian dari awal produksi, karena
bisnis ini berproduksi berdasarkan pesanan.
2.
Proses Negoisasi Harga
Pada tahap ini, disini konsumen bisa negoisasi
harga apabila pesanan yang di pesan dalam jumlah banyak.
3. Pembuatan Gantungan Kunci\
Pada tahap ini, proses
pembuatan dilakukan pada tempat usaha yang sudah ada dengan kami memberikan
atau mengirimkan desain yang sudah kami buat sesuai pesanan kepada pihak toko.
1. Prospek
pengembangan
Berkreasi tidak hanya dapat
dilakukan dengan barang yang rumit dan sulit didapat. Tetapi hanya dengan bahan
yang sederhana dapat dijadikan hasil kreasi yang memuaskan bahkan dapat
mendatangkan keuntungan. Kreasi juga bisa datang dari sekedar hobi, hobi ternyata
bisa mendatangkan keuntungan. Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi bisa
mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama yang
diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi bisa
dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu krativitas yang bisa dijadikan
souvenir adalah gantungan kunci. Gantungan kunci tidak hanya mengandalkan
kreatifitas tetapi juga harus diselaraskan oleh keterampilan desain. Untuk itu bagi
anda yang sangat tertarik dengan desain yang sangat unik , Hiasan atau souvenir
ini banyak diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Desain/gambar
yang unik dan lucu sesuai pemintaan membuat orang menyukai souvenir tersebut.
Kegunaan kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, koleksi, souvenir
pernikahan, hadiah ulang tahun, dll. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan
yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan
adalah kreatifitas dan inovatif. Dengan kreatifitas, akan tercipta
bentuk-bentuk maupun gambar-gambar yang unik
dan lucu. Harga untuk bahan bakunya pun relatif murah.
2. Keunggulan
Keunggulan
dari Bisnis Plan yang akan saya jalankan ini diantaranya yaitu:
- Kualitas yang baik
- Harga yang lebih murah dan bisa ditawar
- Produk yang kami tawarkan lebih menarik
- Pelayanan yang baik dan memuaskan konsumen
- Kecepatan, baik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang
- Kualitas yang kami buat lebih unik, menarik dan indah, serta
- Bentuk dan motif sesuai selera konsumen juga dapat kami buatkan.
3.
Peluang Usaha
Melihat sebuah kreatifitas
yang tidak pernah mati dan masih banyak peminat dari setiap hasil kerajinan
membuat peluang usaha dari bisnis ini masih terbuka lebar. Namun, satu hal yang
dibutuhkan dalam bisnis ini adalah kreatifitas dan inovasi-inovasi produk serta
minat dari para pelanggan yang masih besar dengan bisnis semacam ini.
4. Rancangan
aktivitas untuk meningkatkan penjualan.
a. Level
Sosial Konsumen (segmen pasar)
Adanya dunia mode yang semakin
berkembang seiring dengan zamanya menuntut adanya perfomance yang ingin ditampilkan
oleh masing – masing perfomance. Oleh sebab itu usaha flanel menawarkan bentuk
bentuk yang cantik berupa bros kalung dan lain – lain yang mempercantik
penampilan dari konsumen itu sendiri. Segmen pasar yang dituju oleh usaha ini
adalah dari berbagai kelas karena mengingat harga dari bentuk flanel yang
ditawarkan beraneka ragamnya.
b. Strategi
Pemasaran
Kami memiliki
beberapa strategi pemasaran yang terdiri dari empat elemen
(product, price, place dan promotion). Berikut penjelasan dari masing – masing
elemen tersebut:
1)
Poduct
Produk yang kami buat merupakan
produk yang sudah ada dalam masyarakat akan tetapi yang membedakan adalah aneka
atau macam gantungan kunci yang di
buat berdasarkan pesanan. Dan juda berdasarkan hari misalnya : kado buat
valentine, natal dan tahun baru. Kami juga selalu membuat inovasi inovasi
lewat media sosial agar konsumen tidak bosan dengan barang yang
tunjukkan.
2)
Price
Kami berusaha memberikan harga yang
relative murah agar bisa oleh masyarakat terutama menengah ke bawah, dan
sesuai dengan kantong anak remaja serta sesuai permintaan konsumen barang yang
di pesan. oleh karena itu kami mencari
suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar – benar murah.
3)
Place dan Promotion
Disini kami memilih
tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang sehingga mudah diketahui dan
dikenal oleh banyak orang. Karena kami masih
pemula dan modal yang kami kumpulkan
sangatlah kecil dan ini merupakan salah satu masalah yang kami hadapi yaitu dalam segi promosi yang membutuhkan
banyak biaya. Maka dari itu di awal pembukaan, kami
memberikan promosi dengan memberikan harga yang lebih murah dari harga yang kami tawarkan sebelumnya. Selain itu, kami juga melakukan promosi dengan cara menyajikan produk kami dalam acara temu akrab dengan teman keluarga atau
perkumpulan- perkumpulan yang kami ikuti dan kami juga akan enyebrakan lewat via onine. Dari sini mereka
akan mengetahui produk kami sehingga
akan terbangun kepercayaan kepada kami dan akan
tersebar dari mulut kemulut. Ini terkadang lebih efektif dibandingkan dengan
menyebarkan brosur dan juga akan menghemat biaya promosi.
4)
Saluran Distribusi
Kami memiliki beberapa saluran distribusi untuk
mengembangkan produk yang kami ciptakan
disini, diantaranya sebagai berikut:
- Dengan menjual langsung kepada konsumen
- Dengan menerima pesanan dalam jumlah yang banyak ataupun per unit
- Dalam tahap pertama, kami menawarkan produk kepada teman-teman disekitar kami sebagai permulaan dengan harga yang murah. Hal ini dilakukan guna memperkenalkan produk tersebut sehingga secara tidak langsung dapat dikenal oleh masyarakat.
BAB III TARGET LUARAN
1.
Target Produk
Produk yang dihasilkan adalah gantungan kunci. Kualitas produk yang akan dihasilkan
adalah gantungan kunci dengan bahan kanvas. Sesuai dengan kapasitas peralatan produksi produk yang
dapat dihasilkan sesuai dengan berapa pun permintaan konsumen. Namun sesuai dengan
jumlah konsumen yang ditargetkan produksi
yang akan dihasilkan adalah 10 buah gantungan kunci perminggu atau 30 buah perbulan.
2. Target Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja, Mahasiswa
dan masyarakat umum dengan jumlah target rata-rata 30 orang perbulan.
3. Target Pendapatan
Jumlah pendapatan yang ingin saya peroleh setiap
bulan adalah Rp. 500.000
BAB IV RENCANA BIAYA
1. Rencana Biaya Usaha
Rencana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah
sebagai berikut:
1.
Biaya Investasi
|
No.
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/Satuan
|
JumlahRp.
|
|
1.
|
Ganci Biasa
|
10
|
Buah
|
Rp. 12.000
|
Rp. 120.000
|
|
2.
|
Ganci Vektor
|
10
|
Buah
|
Rp. 25.000
|
Rp. 250.000
|
|
|
|
|
|
|
Rp. 370.000
|
BAB V ORGANISASI PELAKSANAAN
Personil:Personi lpelaksanaan usaha tersusun sebagai berikut:
|
No.
|
Nama
|
Pendidikan
|
Deskripsi Tugas
|
|
1.
|
JunitaHerlani
|
Mahasiswi
|
Manajer/Desain
|
|
2.
|
Enca Devi M.K
|
Mahasiswi
|
Produksi & Pemasaran
|
|
3.
|
Rima Astuti
|
Mahasiswi
|
Pemasaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar